Rabu, 18 Januari 2017

TAMAN ISMAIL MAARZUKI

Sejarah Pembangunan

Taman Ismail Marzuki (TIM) merupakansebuahpusatkeseniandankebudayaan yang berlokasi di jalanCikini Raya 73, Jakarta Pusat. TIM dibangunpadatahun 1968, berawaldariusulanpadaseniman (TresnoSumarjo, H. Yasin, dan lain-lain) untukmembangunsuatuwadahbagi para senimanuntukberkumpul. Saatini TIM dikelolaolehBadanPengeloaPusatKesenian Jakarta (BPPKJ) di bawahPemda DKI danmerupakan asset DKI Jakarta. 

  

Memilikiluaspanggung 14-16 meter dan 7-9 meter dengankapasitas 1200 penonton, Teaterinidapatdigunakanuntukberbagaipertunjukanmulaidarimusik, teater, tari, dan lain-lain. Pada awalnya proyek ini bernama Grand Theater di Taman Ismail Marjuki yang akhirnya berubah menjadi Teater Jakarta. Gedung teater ini merupakan kelanjutan dari proyek masterplan yang didesain oleh Raul Renanda bersama Altelier 6 pada tahun 1995. Pelaksaannya baru dimulai pada tahun 1996 dan selesai dapat digunakan pada tahun 2010. Konsep ini gabungan vernacular di Indonesia yang berdasarkan ide dari struktur bangunan Toraja yang juga merupakan konsep bangunan joglo sebagai potongan melintang dari bangunan teater ini. disajikan dalam tatanan modern namun masih mempunyai nafas Indonesia.  



Teater Jakarta mampumenampung 1200 orang dengan total luaslantaiadalah 40.108m2 dariluaslahan 14.732m2 dandilengkapidenganfasilitas fly tower denganketinggiansamadenganpanggung, yang memungkinkan para krupanggungmenggantilatarbelakangpertunjukansecaravertikal.

Gedung yang diklaimsebagaigedungberskalainternasionalinimemilikisebuahruang inti yang bernamaTeaterLirikdengankapasitas duduk 1.200. penontondenganpanggung proscenium, rear stage, side stage, fly tower, dan orchestra pit. AdapunTeater Studio yang berukuranlebihkecil, yaitu 250 tempat duduk, difungsikansebagairuanglatihandanpertunjukanskalakecil. Meskipunkecil,
dalamruanginidapatdiwujudkan 4 alternatifpenataanpanggung
Selainduaruangutama di atas, terdapatruang-ruangpendukung lain yang menjadikangedunginicukupmatangdisebutsebagaisebuahgedungteater, yakniruangpameran, studio tari, ruanggantipemain, gudangproperti, kantorpengelola, dan orchestra shell. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar