Sabtu, 03 Oktober 2015

TAWURAN


Kira - Kira apa sih yang mereka pikirin pas pengen ngelakuin TAWURAN ini? Ya, emang cuman mereka aja yang tau kenapa mereka mau ngelakuin ini. Emangnya untungnya  apa sih tawuran? Bukannya malah nyelakain diri sendiri ya? Oh, atau mungkin mereka mau dibilang jagoan? Semuanya bisa aja jadi alasan mereka kenapa mau ngelakuin hal konyol kaya gitu tapi pada dasarnya bayak dari mereka yang pas ditanya “kenapa tawuran?” mereka jawab “solidaritas”.

                          Menurut KBBI arti kata Solidaritas itu; perasaan setia kawan. Dari satu kata ini kita bisa tau salah satu alasan ‘basi’ mereka kenapa mereka mau ngelakuin hal yang sama sekali ngga menguntungkan mereka sendiri. Kadang tawuran bisa muncul bukan dari konflik antar kelompok, malah bisa muncul dari masalah perseorangan yang sebenernya dia sendiri bisa selesaiin masalah itu tapi karena teman-teman mereka yang katanya ‘solid’ itu merasa kalau masalah temen adalah masalah mereka akhirnya tawuran ini pun terjadi.

                          Ngga sedikit orang-orang jadi korban dalah hal tawuran ini malah yang lebih parah kadang masyarakat sekitar yang tempat tinggal mereka dijadikan tempat tawuran ini pun malah jadi korbannya. Luka – luka mungkin udah jadi hal biasa ditawuran ini tapi kematian ini bisa aja kejadian sama mereka – mereka yang jadi korban di kejadian ini, kematian mereka juga kadang berujung tragis.

                          Salahnya pergaulan dimasyarakat itu salah satu faktor terjadinya tawuran, ngga cuman itu aja, kurang perhatian orang tua, ajakan temen yang maksa mereka untuk gabung, atau yang lebih parah malah pikiran mereka sendiri yang ngedorong mereka untuk ngelakuin itu dan malah sampai ngajak temen mereka yang lain. Kurangnya kedewasaan dalah diri seseorang itu yang kadang mempengaruhi pikiran mereka sampai bisa kaya gitu.
               


                 Terus apa yang harus dilakuin untuk nanggulangin sama mencegah tawuran itu sendiri? Menurut salah satu sumber yang saya dapat berikut adalah beberapa cara efektif menanggulani dan mencegah tawuran :

1.       Bekali diri dengan pengetahuan agama sebanyak-banyaknya.

2.       Pengawasan orang Tua bagi pelajar.

3.    Mengikuti kegiatan tambahan di sekolah dan kegiatan – kegiatan di lingkungan     rumah.

4.       Jangan mudah terprovokasi.

5.       Hindari nongkrong habis pulang sekolah dan nongkrong ditempat – tempat yang sekiranya dapat memicu kerusuhan.

6.       Jalin silaturrahmi antar tetangga dan masyarakat lainnya.


                   Dan yang paling penting dari beberapa cara tersebut adalah kesadaran diri masing – masing untuk tidak melakukan hal sia – sia yang malah bisa menimbulkan celaka untuk diri sendiri.


sumber gambar : google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar